Jumat, 08 Desember 2017

Online Shop

Assalamualaikum wr wb sahabat blogger yang entah siapapun dirimu. Terima kasih sudah mau membuka blogger saya yang isinya mungkin masih apa adanya, mengingat saya -masihlah seorang penulis amatiran yang tidak henti-hentinya belajar untuk bisa menjadi seorang ahlinya. Jadi,... hari ini saya mau cerita tentang onlineshop aku yang resmi aku buka sejak tahun 2015. Awal mula toko online ini dibuat karena ketika SMA saya suka belanja online saat teman sebayaku memperkenalkan aku toko online langganannya lewat group BBM (sekarang tokonya udah g tau gimana, tapi masih berteman sama ownernya kok hehehe). Dulu masih booming banget yang namanya BBM gitu2, dan ketika handphoneku berganti menjadi BB saya dikenalkan sm BBM plus group onlineshop temanku (andai dulu aku tak mengenalnya mungkin semua tak’an begini melowwww deh ) sehingga ketika saya melihat ada produk baju yang saya suka saya langsung mencoba beli dan ketika barangnya tiba hasilnya tidak mengecewakan dan dari situlah ketagihan itu muncul. Itulah mengapa sangat berbahaya ketika saya sudah mencoba sesuatu yang baru dan saya menyukainya karena itu akan menyebabkan ketagihan hahahahah (lebay). Tapi sejak kuliah sudah mulai bisa mengatur keinginan, sudah nggak kayak dulu lagi ketika mau apa2 harus ada tapi g juga sih. Kalau lagi mau banget aja baru beli dan okee balik lagi ke laptop. Saat itu masuk semester 3 aku mulai coba2 jualan baju dulu lewat instagram baru yang saya buat khusus buat online shop saya. Awalnya memang sepi banget, g ada yang berminat mungkin namanya juga onlineshop baru yah jadi begitu deh masih butuh testimoni dan saat itu juga masih pakai ongkir, karena barangnya masih belum direadykan di makassar. Setelah beberapa lama menanti belum dapat hasil, karena saya suka banget pake stiker line gitu sampai cari penjual stker line dan ketika saya udah dapat dan harganya pas juga saya berpikir kenapa g coba dijualin aja lagi yah siapa tau bisa laku, dan akhirnya beralih ke stiker line dan tema line (ayooo siapa yang mau beli stiker dan tema line permanen segera hubungi aku di ig olshopku namanya faradillashop tidak di gembok sekalian aku promosiin disini hahahah) mulai deh mendapat respon baik dari teman2 sekitar dulu seperti teman kuliah, teman sekolah dulu dll. Karena merasa masih ingin mencoba yang baru, kebetulan aku suka makeup sejak kecil (wahahaha ketahuan hobbi dandan) tapi selama 2 tahun vakum dengan makeup, baru aktif kembali setelah merasa umur sudah mulai menua (jangan salah, ketika lo lihat gue secara langsung, gue yakin lo g percaya sama umur gue, baby face bangetttttt soalnya hahahahha). Jadi aku coba jualan makeup. Semua bermula ketika aku pake liptint dan teman kelasku melihat trus dia tanya kamu beli dimana? Dan aku bilang kalau sepupu jual beginian so dia mau dan sya mengiyakan but ketika aku tanya sepupuku trnyata brgnya habis akhirnya saya beli ditempat saya beli dulu hrgnya lumayan murah dan saya jual dengan harga yang sepupuku dari situlah terpikir olehku untuk memulai menjual produk makeup yang aku pake... sama seperti baju namun masih lebih baik respon follower ketika saya mengupload liptint yang saya jual daripada baju dulu. Kebetulan memang liptint yang saya pakai itu lagi booming saat ini jadi alhamdulillah dapat respon positif. Yah memang baru beberapa bulan berjalan, karena saya merasa beberapa orang tidak suka menuggu saya memberanikan diri untuk menyediakan stock berlebih, g banyak tapi ada lah untuk satu atau dua org kalau memang mau langsung ambil. Kenapa saya g stock banyak ? modalnya kurang, expired juga mempengaruhi, dan saya g setiap hari update toko online saya jadi takutnya nti terbeli tapi tak terjual. Awal nyetock liptint memang g langsung habis yah, sudah diupload ke ig, sudah di buat story juga, udah dibuat d fb, namanya proses memang harus sabar aja menghadapi yang namanya pembeli datang. Setelah sabar sebulan lebih lamanya akhirnya membawakan hasil juga. Satu per satu datang menanyakan masih ada g barangnya ini dan rata2 dari teman kuliah dan orang terdekat . saat mereka membeli saya minta buatin testimoni alhamdulillah semakin kesini semakin bagus respon yang saya dapat dari para pengguna media sosial terutama instagram. Dari sini saya belajar membuka toko online bukan hanya follower yang berperan agar banyak pembelimu, tapi orang sekitarmu juga memiliki peran penting karena dari merekalah toko kamu diperkenalkan ke orang2 yang awal tak mengenalmu atau tokomu sehingga menjadi mengenalmu dan tokomu. Kedua sikap yang ramah dan baik kepada costumer itu juga penting banget, walaupun mereka menyebalkan banget tetaplah ramah dan lembut kepada mereka karena insya allah bakal terbalaskan dengan hasil yang lebih baik. mmmm, sebenarnya mau berbagi tips disini buat onlineshop terutama di ig alangkah lebih baiknya untuk tidak di private, mengapa? Bagaimana tamu mau masuk untuk melihat jika pintunya dikunci? Karena beberapa orang hanya ingin membeli tanpa menjadi followernya. Kenapa saya bilang begni? Karena pembeliku datang dari mereka yang tidak ngefollow ig saya. Mereka melihat, mereka tertarik, dan mereka beli. Bagi para pengusaaha muda yang masih pemula seperti saya yang masih pemula juga hehe, jangan menyerah yah, asal kita sabar, yakin sama takdir Allah SWT bahwa siapa yang berusaha akan memperolehnya, dan selalu berbaik sangka, insya allah semua akan berbuah manis. Bagaimana kalau mengalami kerugian? Rugi dalam jual beli hal yang sangat wajar, justru dari situ kita bisa belajar bahwa kesuksesan tidak selamanya mulus digapai ada jatuh bangunnya. Dan buat pengusaha muda, jangan kejar untungnya saja dalam berbisnis, tapi kejarlah keridhoannya karena apalah artinya untung banyak, penghasilan milyaran namun rejekinya tidak diridoi dengan pemililk alam semesta. Oke jadi ini aja dulu postingan saya kali ini, semoga bermanfaat tulisan ini agar semakin semangat lagi menjadi bos di bisnisnya sendiri dan bisa membuka lapangan kerja untuk orang yang membutuhkan pekerjaan. Jangan lupa follow ig onlineshop aku yah Faradillashop yihiiiiiiiii. Wasalamualaikum wr wb.

0 komentar:

Posting Komentar

 
design by Exotic Mommie Illustraion By DaPina