Minggu, 01 Juli 2018

Impian Waktu Kecil Bisa Terbang Kemana Aja

for cool things to happen, you have to get out of your comfort zone "Rony Abovitz"
Assalamualaikum wr wb, g terasa sekarang sudah memasuki pertengahan tahun 2018. Dan saya yakin akan sangat cepat waktu 6 bulan kedepan berlalu. Perasaan baru kemarin masuk tahun baru, baru kemarin lihat kembang api, sekarang sudah masuk bulan july aja. Welcome july, harapan semuanya bisa segera terwujud di bulan ini. Jadi beberapa hari yang lalu tepatnya 22 juni saya berangkat ke semarang untuk menghadiri pernikahan sahabat sekaligus kakak angkat saya. Kami sama – sama orang merauke, dari kecil sampai sudah remaja di merauke hanya saja saat dia memasuki SMA dia pindah di semarang hingga saat ini ( tapi masih sering bolak balik ke merauke kok). Jadi saya tiba 22 juni siang dan selesai acara nikah itu 24 juni siang hari. 24 juni malamnya saya sudah kembali lagi ke Makassar untuk melanjutkan penelitian saya demi memenuhi kewajiban lulus S1 (aamiin, doain dong biar bisa segera selesai). Yang mau saya cerita disini adalah, sejak kecil waktu SD itu kalau dengar ada teman mau pergi berlibur keluar kota entah ke jawa, makassar, sumatera itu selalu dalam hati ngomongnya “ya Allah saya juga mau bisa kemana-mana apalagi liburan keluarga”. Tapi saat itu saya masih kecil, masih belum tau cara mewujudkan impian itu. Ditambah lagi orang tua yang lebih dominan pengusaha (aamiin) lebih mengutamakan usahanya dari pada pergi liburan atau jalan – jalan katanya buang – buang uang saja. Kalau masih kecil kayak gitu kan g berani melawan orang tua yah, minta sesuatu aja kadang takut apalagi minta liburan, punya uang saja tidak (namanya juga anak2). Jadi selama beberapa tahun rasanya untuk pergi keluar kota masih mustahil. Sampai saat SMA naik kelas 2 untuk pertama kalinya saya memberanikan diri pergi berlibur ke Makassar dengan dua teman saya Hanni dan Ade nur (ini yang baru nikah 24 juni tadi). Semua direncanakan sematang mungkin, udah menabung dari jauh – jauh tahun sejak SD sudah suka nabung soalnya enak aja kalau punya uang sendiri bisa beli yang diinginkan dan g minta orang tua lagi. Sebenarnya izin keluar kota belum dapat sih, tapi sebisa mungkin saya urus semuanya dari tiket, tanggal, dan budgetnya supaya yang saya butuhkan saya izin berangkatnya saja. Sempat dimarahin juga sih karena mau pergi2 jauh begitu baru g ada orang tua tapi saya tetap berusaha supaya meyakinkan mereka untuk bisa pergi. Saya tipenya suka ikut sama orang, jalan sama teman, karena pengalamannya lebih banyak aja dan lebih banyak pelajaran yang bisa diambil ketimbag pergi sama orang tua, atau sanak saudara yang dituakan yah soalnya wilayah explore terbatas dan bakal lebiih banyak larangannya hehe tapi untungnya budgetnya di tanggung orang tua sih. Jadi sejak itu, sejak liburan pertamaku ke Makassar itu, saya percaya impian bisa di gapai sesulit apapun itu. Saya nekat menabung sampai sekarang. Tahun pertama kuliah saya belum berani untuk berlibur kemana – mana, memasuki tahun kedua alhamdulillah saya mulai kembali menjelajah di kota orang bahkan sampai ke luar negeri. G pernah terbayangkan sama sekali bakal kesampaian cita – cita saya ke luar negeri apalagi negara impian SINGAPORE 3 hari 2 malam itu sudah sangat berarti buat saya. Jadi rute liburan tahun kedua kuliah Jakarta – singapore-bandung-surabaya. Alhamdulillah 3 kota dan 1 negara sudah di jelajah ditahun 2016, memasuki tahun ketiga kuliah saya berlibur lagi dengan rute jakarta – bogor – semarang, alhamdulillah juga sudah pernah menginjakan kaki lagi disana. Tahun ke empat kuliah g berlibur tapi kembali menginjakkan kaki di semarang untuk nikahan teman ku yang tadi ADE NUR AZIZAH (selamat sudah jadi istri sekarang yah). Waktu SD g pernah mimpi bisa kesampaian semua, bisa berangkat kemana-mana kyk sekarang itu g pernah. dulu bisa ke makassar aja sudah senang banget, sekarang mala lebih. Inilah salah satu mimpiku sejak kecil sampai sekarang. Ingin bisa pergi kemana aja, tanpa merepotkan orang lain. Caranya gimana dil sampai bisa kesampaian? Caranya yaitu : 1. doa Letakkan doa selalu nomor 1 dalam hal apapun. Biasa orang meletakkan doa no terakhir, tapi menurut harus no 1. Apapun yang kamu mau kalau g berdoa semua bakal sulit kesampaian bahkan g kewujud, atau kalau kewujud juga g berkah biasanya. 2. niat Niat dalam hati untuk mewujudkan mimpi2 mu apapun itu harus dengan niat yang baik. Karena kalau niatnya buruk, semua hanya indah di awal saja. 3. usaha Setelah doa dan niat, kamu juga harus berusaha dong. Usahanya apa? Nah makanya kita perlu doa agar diberi jalan usaha apa yg harus dilakukan untuk mewujudkannya, contoh nih saya usahanya nabung setiap hari dan jualan juga serta mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. 4. yakin Semua hal yang digeluti, mau itu susah atau gampang, mau kata orang g mungkinlah atau apalah tetap harus yakin bahwa suatu hari nanti akan terwujud semuanya. Kayak awalnya g yakin bisa kewujud tapi alhamdulillah kesampaian 5. sabar Ingat, g ada proses yang instant untuk kebahagiaan yang berlangsung lama. Semua yang instant juga tidak akan bertahan lama, jadi harus sertakan sabar dalam setiap langkah kita dan sabar ini memang harus selalu dilatih agar bertambah terus dan terus. Seperti saya yang selalu berusaha sabar, sabar untuk g jajan banyak, sabar untuk lebih sering menabung kan mau liburan, sabar kalau bakal datang pembeli untuk beli jualanku, sabar krn zona nyaman tidak akan membuatku tumbuh jadi menderita dengan berhemat jauh lebih baik. So, ini tips yang saya gunakan selama ini. Tapi selain itu semua, alangkah lebih baiknya bacain sholawat sebanyak2nya semua cita-cita atau impian2 kamu agar Allah mewujudkan lebih cepat dan lebih berkah. Karena kalau hanya menggandalkan tabungan dunia akan selalu kurang, andalan juga tabungan sholawat yang di ajarkan oleh ust. Yusuf mansur untuk mewujudkan impian2 kita. Selalu ingat Sertakan Allah dalam setiap impianmu. Wassalamualaikum wr wb

Senin, 04 Juni 2018

Dekati Pemilik Hati bukan Pembawa Hati

Assalamualaikum wr wb 22 tahun, itulah usiaku saat ini. Blog ini aku buat saat masih duduk di bangku SMP tepatnya kelas 2 SMP dan sekarang masih aktif saya gunakan sebagai tempat untuk berbagi cerita yang bisa bermanfaat bagi siapapun yang membacanya (jangan baca postingan dulu2, dijamin memalukan). Sudah cukup lama kalau dihitung2 usia blog ini di buat. Sekarang lagi bulan puasa sudah memasuki hari ke 19 puasa begitu cepat waktu berlalu. Di bulan ini banyak – banyakin berdoa beramal karena insya allah pahalanya dilipat gandakan dan doanya dijabah Allah. Dan bulan ini begitu besar rasa pasrahku pada-Mu ya robbi agar semua doa hamba engkau kabulkan. Karena saya belum pernah begitu menginginkan sesuatu dalam hidupku dengan jalan berharap sepenuhnya pada-Mu. Saya bukanlah ahli ibadah, saya juga bukan ahli agama, namun saya sangat sadar berharap pada manusia itu tidaklah membawaku pada kebahagiaan, tapi justru kekecewaan. Saya sadar keinginan saya kali ini sepenuhnya saya serahkan pada-Mu bagaimana pun hasilnya nanti,saya selalu berdoa agar doa saya dijabah diwaktu yang tepat nanti. Doa saya sederhana sekali, hanya ingin bisa bersama dengannya kelak di dunia dan akhirat. Saya sadar dia belum sepenuhnya baik, tapi saya selalu berusaha melihat sisi positifnya yang tidak dilihat orang lain. Beberapa orang mengatainya buruk, namun saya berusaha melihat kebaikan yang tidak dilihat orang lain atau yang mengatainya buruk. Saya berusaha mengenalnya lebih jauh sebelum menilainya karena saya sadar tidak semua penilaian orang sama. Dan tanpa saya sadari semua itu membuat saya ingin bersamanya di dunia dan di akhirat. Ini bukan semata karena penampilan fisik atau lain sebagainya, justru sebelumnya saya sudah berusaha menjauhi dia saat saya masih terbawa dengan ucapan orang tentangnya yang kurang baik. Namun Allah punya rencana lain, dia masuk kehidupanku tiba2 tanpa permisi dulu dan merubah semuanya dalam sekejap. Saya tidak pernah sungguh mengingikan sesuatu sebelumnya hingga membuat air mata saya terjatuh. Saya juga tidak ingin melalui proses yang tidak Allah ridhoi seperti pacaran. Pacaran terakhir saya saat SMA dan saya tidak mau mengulangi kesalahan yang sama dengan menjaga jodoh orang sudah cukup rasanya mendekati dosa. Namun ini juga pertama kalinya saya mencintai seseorang namun tidak ingin dekat dengannya setiap hari. Alaminya manusia jika sedang dilanda asmara selalu ingin bersama, selalu ingin menghubungi dan lain sebagainya. Alam bawah sadarku selalu menyadarkan ku untuk tidak melakukan kesalahan yang sama, sebisa mungkin saya berusaha menjauhinya, menahan diri untuk tidak menghubungi jika tidak penting dan bersikap senormalkan mungkin. Hanya saya masih manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan dari dosa dari khilaf terkadang juga saya gagal menahan diri namun saya tidak pernah berhenti mencoba kembali. Saya belajar dari kisah nabi yusuf dan zulaika, dekati pemilik hatinya maka Allah datangkan sang pembawa hati padamu di waktu yang di takdirkan. Inginku demikian, memantapkan diri, dan mendoakannya hingga sang waktu menjawab doa –doaku. Tapi bukan berarti saya total menutup diri dengannya, tidak seperti itu. Layaknya teman pada umumnya saya bersikap dengannya namun jauh dilubuk hati saya yg terdalam saya yakin dia tau yang sebenarnya dan saya juga yakin ada yang dia tutupi dari saya entaah itu apa saya tdk tau semoga sesuatu yang baik. Intinya berharap sama Allah agar kecewa tidak datang di hati. Usia seperti ku memang sudah sewajarnya memikirkan pernikahan, tapi seburuk – buruknya saya, walau pun saya juga tidak sealim atau sesoleha wanita surga, saya selalu mengharapkan jodoh dunia dan akhirat yang membawa ke jannah dan harapanku itu bersama nya. Dia sudah selesai,ternyata dia selesai lebih dulu sekolah dari pada saya walau pun kami seangkatan tapi kami beda usia dan beda fakultas. Mendekati impianku ingin bersama dengn yang berbeda profesi kelak (aamiin). Sedih karena mungkin akan semakin jarang ketemu apalagi kalau dia sudah kembali ke tempat asal otomatis beda kota dan bahagia karena dia bertanggung jawab selesai tepat waktu tidak seperti kata orang yang menilainya kurang baik. Allah memang sebaik – baiknya menentukan takdir, kalau dulu saya tidak masuk dikampus ku yang sekarang ini, mungkinkah kami masih bertemu? Saya tidak tau, yang jelas setiap takdir Allah selalu ada baiknya di saat terakhir dan ini hal yang saya syukuri sekali sekarang. Walaupun sekarang saya kalah cepat selesai dengannya saya tetap yakin pasti ada hal baik lainnya yang tidak saya ketahui sedang menantiku didepan sana hingga di beri wisuda periode kedua. Belajarlah melihat sisi positif dari setiap masalah dalam hidup kita teman – teman. Wassalamualaikum wr wb

Jumat, 18 Mei 2018

Pola Pikir

Assalamualaikum wr wb Baru ada kesempatan menulis lagi, padahal lama banget pengen menulis tapi selalu aja ada kendala (alesan banget yah, padahal karena melawan mager yang luar biasa besar hahah). Jadi hari ini pengen menulis karena berhasil melawan mager hahah (YES). Btw, umur aku sudah 22 tahun ya ampun udah cocok untuk membina rumah tangga belum yah??? (jodoh mana jodoh). Yasudah dari pada pusing dengan jodoh yang belum ketemu jadi mari kita bahas yang lainnya. Inti dari tulisan kali ini adalah tentang pola pikir. Kenapa dengan pola pikir? Iya, karena sejak saya memulai bisnis online seiring berjalannya waktu saya mulai merasa pola pikir saya berubah. Dulu ya suka banget jajan, suka banget beli cemilan (bukan makanan berat, karena porsi makanku sedikit jadi sedih kalau beli baru g dihabisin) dan suka belanja baju, jilbab dsbnya terutama brand – brand yang lumayan terkenal. Terkesan hedon yah? Iyap, teman – temanku mengakui akan hal itu. Saat itu memang sudah memulai bisnis online namun belum sematang sekarang. Sekarang juga belum matang2 banget setidaknya lebih baik dari pada tahun2 sebelumnya. Kenapa saya bilang belum matang? Karena modal masih dari mama, keuntungan g dihitung dengan baik, setiap ada yang beli langsung di pake duitnya g di pisahkan dulu kalau sekarang udah mulai dirubah sedikit hehehe semoga semakin banyak perubahan ke depannya aamiin. Perubahannya apa? Mulai beli jualan pake modal sendiri, hasil jualan dipisahkan dan dicatat jadi tau keuntungannya berapa, trs di gunakan sebaik-baiknya untungnya untuk kebutuhan mendesak saja seperti biaya – biaya tidak terduga yang diluar kebutuhan baru dipake dan g lupa juga untuk sedekah. Sejak bisnis online saya mulai jalan aktif lagi tahun 2016 karena sempat vakum gara-gara tugas kuliah yang wow banget jadi sempat g terurus udah terasa ada sedikit yang berubah dari cara berpikir seperti lebih sering makan dirumah (usahakan jangan asal kenyang yah, perhatikan juga nutrisinya), jajan seminim mungkin kalau pun mau yang agak mahal sedikit seminggu sekali di usahakan hehe (manusia ya wajar kalau khilaf kadang dua hari sekali udah hedon lagi), dulu rajin beli baju sekarang kalau perlu banget aja baru beli bahkan kalau bisa pinjam aja dari pada beli hahahah (irit banget) apalagi kalau Cuma dipake sekali aja, kecuali di pakai beberapa kali okelah. Bahkan sepatu kuliah kalau sudah g bisa di pake baru beli lagi itupun tggu masuk bulan baru beli hehehe ( bahkan kalau ada yang kasih lebih bagus haha). Dan tahun kemarin g beli baju lebaran g beli sepatu lebaran juga semua yang dipake serba barang lama aja. Padahal dulu waktu masih sekolah dan masih semester2 awal itu maunya selalu baru, ada diskon sedikit aja langsung melihat dan mau beli. Tahun ini pun bingung mau beli apa enggak, karena minat belanja baju yng hnya di pake sekali udah berkurang hehe. Mau holiday juga sy mikir2 dulu, bahkan kalau budgetnya g wajar saya lngsung menolak. Tapi kalau keluar kota atau luar negeri biasa sudah di rencanakan setahun sebelumnya. Semua ini sejak saya tahu bagaimana proses mencari rezeki yang halal tidak selamanya mudah, walau pun teman – teman saya pada bilang enak banget sih duduk dirumah Cuma main2 hp aja langsung dapat uang. Dalam hati saya bilang ya ampun g semudah itu, menumbuhkan kepercayaan orang kekita juga g mudah, apalagi orang yang g tau kita siapa ditambah maraknya penipuan online. Modal yang dibutuhkan juga g sedikit, kadang harus rela mengurangi jatah makan demi bisa memenuhi keinginan pembeli. Pembeli juga g datang tiap hari apalagi yang di jual produk yang habisnya lama. Saya sadar jadi pengusaha itu memang g selamanya menyenangkan, kita harus mengikuti perubahan yang ada didunia bisnis dan g selamanya seorang pengusaha itu langsung uangnya banyak,apalagi bagi pemula seperti saya. Tapi saya anggap saja semua itu doa dari teman – teman saya yang mengatakan demikian sehingga jadi kenyataan ( aamiin siapa yg g mau duduk dirumah main hp langsung dapat duit haahaha). Intinya semua orang akan berubah dari kehidupan yang dulu ke kehidupan yang sekarang, ntah berubah semakin membaik atau semakin buruk itu semua tergantung diri sendiri dan doa kita pada Allah. Pesan saya yah, buat yang masih suka hura – hura g jelas, ngabisin waktu hanya untuk senang2, masa muda habis pacaran dan habisin duit, serta mengikuti gengsi yang hanya menjadi pemuas hasrat sesaat, sebaiknya kurangi deh. Saya pun dulu demikian, tapi alhamdulillah saat ini pun saya masih melakuakn seperti yang dilakukan dulu hanya saja lebih di seleksi mana yang lebih baik dan mana yang sebaiknya di tinggalkan karena seseorang yang dulunya belum baik ketika dia berusaha menjadi lebih baik dia sudah memiliki beberapa pengalaman tentang hal2 duniawi yang tidak membawa manfaat sama sekali. saya g bilang saya baik, saya berbagi pengalam apa yang sudah saya alami, bukankah guru terbaik adalah pengalaman itu sendiri? Karena kita ngerasain langsung dampaknya. Allah tidak melarang kita bersenang-senang namun segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Jadi semakin tua usia saya semakin berubah pola pikir saya, karena saya sudah merasakan beberapa pahitnya kehidupan dunia (baru beberapa jadi sedikit ilmu saya ) sehingga saya memilih sederhana saja. Mumpung masih muda sy berpikr lebih baik berkarya sebanyak – banyaknya, menghasilkan sebnyak – banyaknya namun g melupakan untuk menikmati hasilnya dengn bersyukur . jangan habiskan masa muda yang tidak bermanfaat guys. Saya orangnya sebenarnya boros, lebih tepatnya suka belanja tapi saya suka menabung kenapa? Karena saya g suka minta uang jajan, heheh jadi kalau mau apa2 tabungan yang dipake. Semoga balance yan hobbi saya ini dengan keinginan. Hidup itu sederhana yang susah gaya hidupnya heheh. Dan saya bersyukur pola pikir berubah ke arah yang lebih baik bukan sebaliknya. Semoga tetap istiqomah karena yang sulit dari perubahan itu bukan memulainya, tapi mempertahankannya. Semoga cerita kali ini bermanfaat yah. Kunjungi olshopku yah di instagram dengan nama Faradils.shop

Sabtu, 16 Desember 2017

IMPIAN KE NEGERI SINGAPURA

Assalamualaikum wr wb... sudah lama sekali ini memposting cerita mengenai jalan – jalan ke singapura namun selalu aja lupa, alhamdulillah hari ini kesampaian. Jadi mari kita mulai awal mula mimpi ini terealisasikan. Sebenarnya dari dulu pengen banget tinggal disana, kuliah disana bahkan waktu kelas 3 SMA udah dapat universitas yang ingin dimasuki udah cari tahu fakultas apa juga yang mau di tekuni beserta syarat dan pendaftarannya gimana, ternyata setelah lihat persyaratannya mereka minta nilai ujian dimana saat itu sekolahku belum ujian akhir hingga batas pengiriman berkas. Alhasil yah impian kesana Cuma sekedar impian saja. Akhirnya setelah kuliah setahun di Makassar aku mulai nabung harian dan setiap hari aku sisihkan 20.000 untuk aku pake pergi liburan ke jawa, karena dari dulu aku memang pengen banget liburan dan teman-teman sekolah dulu juga udah pada manggil buat kesana, jadi setelah menabung kurang lebih setahun (alhamdulillah hasilnya lumayanlah kalau dihitung2) saya memutuskan untuk melakukan rute perjalanan yaitu ke jakarta semarang dan surabaya serta bandung. Teman2 yang dijakarta, surabaya, bandung udah saya kabarin kalau mau datang, dan terakhir aku hubungi salah satu sahabatku yang di semarang dan tau jawaban dia apa?? G usah ke semarang nek kita ke singapura aja. Dalam hati aku tuh kaget bercampur g percaya, dia ngajak aku ke singapura kayak ngajak ke mall??????? Yaudah aku bilang kendalanya aku g punya passport liburku belum pasti kalau tanggal segitu berangkatnya dan lain sebagainya. Tapi dalam hati aku mikir kapan lagi kesempatan kayak begini datang, bisa ke negara impian, bisa melihat apa yang selama ini ingin dilihat walau nggak sekolah disana setidaknya datang berlibur kesana itu sudah luar biasa banget. Jadi setelah berpikir panjang dan penuh pertimbangan akhirnya aku putuskan untuk oke kita pergi kesana walau jadwal libur g pasti, izin orang tua belum ada, passport nggak tau urusnya gimana semua itu aku pikirin belakangan, kenapa? Karena yang namanya impian harus dikejar bagaimanapun susahnya, selama mau berusaha terus, dan aku yakin kalau memang rejeki aku datang kesana semua bakal di kasih jalan. So, aku mulai semua dari mengurus passport, dan perjuangan untuk urus passport ini gag mudah. Kenapa aku bilang begini, karena aku pergi sendiri mengurus semua sendiri, aku nggak mau minta bantuan kakakku dan saudaraku karena aku mau kasih surprise ke mereka kalau aku udah tiba disana dan aku juga udah tahu jawabnnya apa kalau minta bantuan sama mereka, pasti gag dibolehin karena negara orang apalagi Cuma berdua perginya. Jadi mulailah aku searching di google syarat dan tahapnya, pake maps buat tahu kantornya dimana, naik angkot untuk cek lokasi kantor ya ampun, terus minta dikirimin berkas sm teman aku dari merauke ke makssar sampai bayar 400rbu karena harus lampirkan berkas asli dengan pengiriman kilat karena katanya passport jadinya lama dengan jadwal kuliahku yang masih padat saat itu terpaksa izin kuliah dlu sehari dengan dosen yang yahh alhamdulillah bisa mentolerir sedikit sebab dan alasan saya tidak hadir walau dibilang mau jadi TKW yah sampai buat passport?? Di iyain aja deh biar gag alpa absennya hahaha, lalu menggunakan berbagai macam alasan untuk bisa pinjam KK asli di sepupu biar g ketahuan kalau mau urus passport soalnya suka kepo mereka hehehe. Dan untungnya aku dikasih tau cara daftar online jadi selesai daftar online aku ke kantor untuk foto dan wawancara dan penantiannya itu lama banget, datang jam 10 pulang setelah ashar betapa mahirnya aku dalam perihal menunggu hahaha. Kenapa aku bela – belain urus ini itu di kota besar kayak makassar ini padahal baru setahun tinggal disini masih butuh bimbingan untuk menguasai kota ini saat itu? Karena aku sadar untuk meraih impian itu ada proses yang harus dilalui dan dia nggak memandang siapa kamu! Setelah passport jadi, kesulitan g berakhir sampai situ. Waktu pemesanan tiket terjadi kendala jaringan, dan batas transfer tiket aku tinggal sejam. Dan saat itu sudah tengah malam, belum sih sudah jam 11 malamlah. Lewat sms bangking mandiri gag bisa, bni juga gag bisa, akhirnya aku milih bayar lewar indomaret karena dekat rumah ada indomaret dan setelah sampai disana g bisa juga jaringannya hiks. Akhirnya setelah berpikir dan melihat waktu booking tiket yang sudah mendekati akhir, dan berdiskusi sama temanku itu, harapan juga hampir putus mau minta tolong ke orang juga g ada siapa – siapa dirumah saat itu, aku sampai berdoa “ya Allah kalau ini takdirku untuk pergi, mudahkanlah urusanku”. Tiba – tiba coba buka atm bersama dan ternyata masih bisa. Rasanya bersyukur banget mau nangis malahan malam itu. Aku langsung coba bayar dan berhasil. Gue berasa mau loncat di dalam ruang atm itu, dan itu udh larut sekali hampir jam 12 malam. Aku langsung cepat2 pulang sambil bersyukur dan yakin dalam diri kalau memang ada rejeki ku pergi, aku pasti bakal pergi dengan izin_Nya. Tapi setelah mendekati hari H, temanku passportnya 3 bulan lagi esxpired dan syarat berangkat minimal 6 bulan. Aku langsung drop lagi, dia mala bilang kalau memang g bisa bareng, aku duluan nti dia nyusul. Gilaa aku g bisalah ke negara orang yang bahasanya sudah pasti beda dengan kita dan belum pernah aku datangi dan disana g ada siapa-siapa. Aku langsung bilang apa mungkin g jodoh yah kesana karena dari kemarin ada mulu kendalanya. Akhirnya dicoba dlu semua mulai daftar online ulang untuk memperbaharui passport, lalu ke kantor imigrasi buat foto dan alhamdulillah kami benar – benar di restui untuk menjelajahi negeri tetangga indonesia yaitu SINGAPURA karena 2hari sebelum berangkat sudah bisa diambil passport temanku. Izin orangtua juga udah dapat, dan waktu liburpun tepat sekali tanggalnya dengan jadwal berangkatku. Dan jadialah aku berhasil mewujudkan impianku dari SMA untuk bisa ke singapur dengan menggunakan tabungan aku sendiri dari kecil. Kamu bakal lebih menghargai apapun ketika kamu berhasil mewujudkan cita – cita mu pake uang hasil menabung, dan melakukan pengurusan administrasi sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Dari sini aku belajar mandiri untuk mewujudkan keinginan yang awalnya yakin Cuma mimpi belaka, namun jadi kenyataan. Oke itu perjalana perdana aku yang pertama kali ke negeri tetangga tahun 2016 bulan Januari. Dari cerita ini yang mau aku sampaikan, jangan gampang nyerah dengan keadaan, karena keadaan itu bisa dirubah kalau kita berusaha dan berdoa. Jangan juga takut bermimpi, karena semua orang yang sekarang sukses dan berhasil juga dulunya biasa saja tapi mereka tekun mewujudkan impiannya dengan usaha dan doa. Oke jadi bagi teman-teman yang lagi dalam proses mewujudkan impian, ayo semngat jangan menyerah karena sekarang juga aku masih berproses, kalau aku bisa kamu juga pasti bisa. Sesudah kesulitan ada kemudahan .
INI FOTO KAMI WAKTU DI SINGAPURA FLOWER DOME BANYAK BANGET BUNGA DISNI
INI FOTO AKU WAKTU LAGI DI CHINATOWN SINGAPURA

Jumat, 08 Desember 2017

Online Shop

Assalamualaikum wr wb sahabat blogger yang entah siapapun dirimu. Terima kasih sudah mau membuka blogger saya yang isinya mungkin masih apa adanya, mengingat saya -masihlah seorang penulis amatiran yang tidak henti-hentinya belajar untuk bisa menjadi seorang ahlinya. Jadi,... hari ini saya mau cerita tentang onlineshop aku yang resmi aku buka sejak tahun 2015. Awal mula toko online ini dibuat karena ketika SMA saya suka belanja online saat teman sebayaku memperkenalkan aku toko online langganannya lewat group BBM (sekarang tokonya udah g tau gimana, tapi masih berteman sama ownernya kok hehehe). Dulu masih booming banget yang namanya BBM gitu2, dan ketika handphoneku berganti menjadi BB saya dikenalkan sm BBM plus group onlineshop temanku (andai dulu aku tak mengenalnya mungkin semua tak’an begini melowwww deh ) sehingga ketika saya melihat ada produk baju yang saya suka saya langsung mencoba beli dan ketika barangnya tiba hasilnya tidak mengecewakan dan dari situlah ketagihan itu muncul. Itulah mengapa sangat berbahaya ketika saya sudah mencoba sesuatu yang baru dan saya menyukainya karena itu akan menyebabkan ketagihan hahahahah (lebay). Tapi sejak kuliah sudah mulai bisa mengatur keinginan, sudah nggak kayak dulu lagi ketika mau apa2 harus ada tapi g juga sih. Kalau lagi mau banget aja baru beli dan okee balik lagi ke laptop. Saat itu masuk semester 3 aku mulai coba2 jualan baju dulu lewat instagram baru yang saya buat khusus buat online shop saya. Awalnya memang sepi banget, g ada yang berminat mungkin namanya juga onlineshop baru yah jadi begitu deh masih butuh testimoni dan saat itu juga masih pakai ongkir, karena barangnya masih belum direadykan di makassar. Setelah beberapa lama menanti belum dapat hasil, karena saya suka banget pake stiker line gitu sampai cari penjual stker line dan ketika saya udah dapat dan harganya pas juga saya berpikir kenapa g coba dijualin aja lagi yah siapa tau bisa laku, dan akhirnya beralih ke stiker line dan tema line (ayooo siapa yang mau beli stiker dan tema line permanen segera hubungi aku di ig olshopku namanya faradillashop tidak di gembok sekalian aku promosiin disini hahahah) mulai deh mendapat respon baik dari teman2 sekitar dulu seperti teman kuliah, teman sekolah dulu dll. Karena merasa masih ingin mencoba yang baru, kebetulan aku suka makeup sejak kecil (wahahaha ketahuan hobbi dandan) tapi selama 2 tahun vakum dengan makeup, baru aktif kembali setelah merasa umur sudah mulai menua (jangan salah, ketika lo lihat gue secara langsung, gue yakin lo g percaya sama umur gue, baby face bangetttttt soalnya hahahahha). Jadi aku coba jualan makeup. Semua bermula ketika aku pake liptint dan teman kelasku melihat trus dia tanya kamu beli dimana? Dan aku bilang kalau sepupu jual beginian so dia mau dan sya mengiyakan but ketika aku tanya sepupuku trnyata brgnya habis akhirnya saya beli ditempat saya beli dulu hrgnya lumayan murah dan saya jual dengan harga yang sepupuku dari situlah terpikir olehku untuk memulai menjual produk makeup yang aku pake... sama seperti baju namun masih lebih baik respon follower ketika saya mengupload liptint yang saya jual daripada baju dulu. Kebetulan memang liptint yang saya pakai itu lagi booming saat ini jadi alhamdulillah dapat respon positif. Yah memang baru beberapa bulan berjalan, karena saya merasa beberapa orang tidak suka menuggu saya memberanikan diri untuk menyediakan stock berlebih, g banyak tapi ada lah untuk satu atau dua org kalau memang mau langsung ambil. Kenapa saya g stock banyak ? modalnya kurang, expired juga mempengaruhi, dan saya g setiap hari update toko online saya jadi takutnya nti terbeli tapi tak terjual. Awal nyetock liptint memang g langsung habis yah, sudah diupload ke ig, sudah di buat story juga, udah dibuat d fb, namanya proses memang harus sabar aja menghadapi yang namanya pembeli datang. Setelah sabar sebulan lebih lamanya akhirnya membawakan hasil juga. Satu per satu datang menanyakan masih ada g barangnya ini dan rata2 dari teman kuliah dan orang terdekat . saat mereka membeli saya minta buatin testimoni alhamdulillah semakin kesini semakin bagus respon yang saya dapat dari para pengguna media sosial terutama instagram. Dari sini saya belajar membuka toko online bukan hanya follower yang berperan agar banyak pembelimu, tapi orang sekitarmu juga memiliki peran penting karena dari merekalah toko kamu diperkenalkan ke orang2 yang awal tak mengenalmu atau tokomu sehingga menjadi mengenalmu dan tokomu. Kedua sikap yang ramah dan baik kepada costumer itu juga penting banget, walaupun mereka menyebalkan banget tetaplah ramah dan lembut kepada mereka karena insya allah bakal terbalaskan dengan hasil yang lebih baik. mmmm, sebenarnya mau berbagi tips disini buat onlineshop terutama di ig alangkah lebih baiknya untuk tidak di private, mengapa? Bagaimana tamu mau masuk untuk melihat jika pintunya dikunci? Karena beberapa orang hanya ingin membeli tanpa menjadi followernya. Kenapa saya bilang begni? Karena pembeliku datang dari mereka yang tidak ngefollow ig saya. Mereka melihat, mereka tertarik, dan mereka beli. Bagi para pengusaaha muda yang masih pemula seperti saya yang masih pemula juga hehe, jangan menyerah yah, asal kita sabar, yakin sama takdir Allah SWT bahwa siapa yang berusaha akan memperolehnya, dan selalu berbaik sangka, insya allah semua akan berbuah manis. Bagaimana kalau mengalami kerugian? Rugi dalam jual beli hal yang sangat wajar, justru dari situ kita bisa belajar bahwa kesuksesan tidak selamanya mulus digapai ada jatuh bangunnya. Dan buat pengusaha muda, jangan kejar untungnya saja dalam berbisnis, tapi kejarlah keridhoannya karena apalah artinya untung banyak, penghasilan milyaran namun rejekinya tidak diridoi dengan pemililk alam semesta. Oke jadi ini aja dulu postingan saya kali ini, semoga bermanfaat tulisan ini agar semakin semangat lagi menjadi bos di bisnisnya sendiri dan bisa membuka lapangan kerja untuk orang yang membutuhkan pekerjaan. Jangan lupa follow ig onlineshop aku yah Faradillashop yihiiiiiiiii. Wasalamualaikum wr wb.

Minggu, 16 April 2017

semester 6

Semester 6. Ini mungkin puncak jenuh dari mahasiswa farmasi sepertiku. Karena disemester ini kami sudah benar – benar lelah dan masih saja di hantui dengan berbagai praktikum yang merupakan praktikum terakhir kami sebagai mahasiswa farmasi sebelum menjadi seorang sarjana laboratorium. Sebenanrnya praktikum itu menyenangkan karena banyak sekali kegiatan yang tidak biasa kita lakukan, hal – hal yang baru yang kita lakukan. Namun yang melelahkan itu laporan dan responnya heheheh. Curhat sedikit yah, kalau mau jujur ini yah, sistem yang berlaku di fakultasku memang tidaklah terlalu baik, kami memakai sistem sapu bersih dimana kami harus menguasai semuanya di waktu yang bersamaan. Kalau mau dibilang sebenarnya itu melelahkan sekali, ilmu masuk dan keluar hanya seperti angin lalu saja di kepala kami. Yang tertinggal hanya sedikit. Sedangkan kalau mereka memakai sistem blok yang mana selesai satu lanjut yang satu saya dan teman – teman mungkin akan lebih banyak paham karena kami mendalami yang satu dulu baru lanjut ke yang lainnya. Namun sudahalah, mungkin ini yang dinamakan pengalaman yang harus di beritahukan kepada adek – adek nanti kalau mau belajar dalami satu dulu baru lanjut ke lainnya, tapi susah kalau lingkungannya nggak mendukung seperti kampusku hehehe. Pembelajaran juga buat kita semua kalau mau mendidik orang yah beri mereka waktu untuk bisa memahami satu sampai selesai baru lanjut ke lainnya. Dan yang paling utama dalam mendidik ialah menggunakan bahasa yang sederhana yang muda dipahami. Okee??? Mungkin ini saja dulu curhtannya. Semangat semester 6 sebentar lagi berakhir semester 6 dan lanjut proposal .

Kamis, 13 April 2017

Cerita ini seharusnya di posting tahun lalu 2016 Tapi sudahlah hehehe

Setelah tidak menulis di blog, banyak skali yang ingin aku utarakan di blog pribadiku ini. Sekarang masa semester 4 ku di farmasi sudah mau berakhir, tidak terasa saya sudah mau memasuki semester 5. Aku masih ingat saat aku masih memakai baju putih hitam dan pita kuning untuk menandai bahwa saya adalah mahasiswa baru di fakultasku. Dulu iya saya sama sekali tidak ada impian masuk ke fakultas ini bahkan sama sekali tidak ada bayangan akan terjun ke dunia ini, namun aku tidak pernah mengetahui rencana yang Allah berikan kepada hambanya, bagaimana cara iya mengantarkan hambanya menuju jalan yang lebih baik dengan cara yang tidak diduga – duga. Mengapa aku berkata demikian? Aku punya impian yang jauh berbeda dengan yang lakukan sekarang, aku berharap menjadi seorang translater dulunya, dan sempat berubah menjadi seorang dokter. Namun Allah memang maha tahu segalanya, termasuk mana yang lebih baik untuk hambanya, karena dalam al-qur’an pun demikian dikatakan “boleh jadi kamu menyukai sesuatu namun itu belum tentu baik untukmu, dan boleh jadi kamu membenci sesuatu belum tentu itu buruk untukmu”. Aku percaya kalimat ini karena aku sudah mengalami sendiri, aku menyukai sesuatu yang ternyata memang belum baik untukku dan aku tidak menyukai sesuatu namun justru itu baik untukku. Aku kuliah di bidang farmasi, mungkin bagi orang ini hanya belajar tentang obat – obatan, namun ternyata setelah aku memasukinya, awalnya memang tidak begitu mencintai jurusan ini, hanya mengikuti kata hati ketika diberi pilihan. Dan saat aku mulai mengenal, memahami, beradaptasi, dan mempelajarinya aku mulai jatuh cinta dengan apa yang aku geluti sekarang. Kita memang tidak bisa menilai dari luar hal – hal yang tidak kamu kenali, kamu harus mengenalnya terlebih dahulu luar dalamnya baru kamu bisa memberi penilaian seperti apa sebenanrnya nilai yang tepat. Aku dulu tidak menyukai farmasi karena aku tidak mengenalnya, banyak yang mengatakan kuliah disana susah, bahkan lebih susah dari dokter dan jujur setelah memperhatikan kuliahku dengan kuliah kakakku yang mana dia jurusan kedokteran dan saya farmasi kini semua itu terjawab, memang jurusanku lebih sulit di atas dokter, dan kalimat itu keluar sendiri dari seorang dokter yang mengatakan farmasi jauh lebih susah dibandingkan kedokteran. Namun aku justru bangga dengan jurusan yang sekarang aku geluti, karena apa? Sempat terjadi perdebatan hebat saat aku ingin kuliah dan mereka banyak yang melarang aku untuk masuk ke farmasi karena mereka tidak meyakini kemampuanku. Aku sadar dulu aku begitu pesimis menjadi orang tidak mau mencoba suka mengeluh dan lain sebagainya. Namun manusia bisa berubah dengan proses yang dilalui, orang – orang yang dihadapi dan lingkungan yang baru semua itu akan mempengaruhi kepribadian seseorang untuk berubah entah menjadi lebih baik atau menjadi lebih buruk semua itu tergantung kesungguhan dari diri masing – masing. Dan alhamdulillah aku mampu melalui semuanya berkat izin dari-Nya dan tentunya niat yang tulus dari dalam hati. Sebenarnya tidak ada yang susah setelah saya lalui di jurusan ini, kamu hanya perlu pandai dalam berbagi waktu dan menjaga kesehatan. Aku mahasiswa farmasi UMI semester 4 yang sekarang menghadapi 5 laboratorium sejak semester 3 hingga semester 6 ditambah jadwal mengajar sebagai asisten yang bisa double menjadi 2 – 3 kali dalam seminggu tergantung dosennya mau kasih berapa banyk dan menduduki jabatan di kelembagaan sebagai perwakilan mahasiswa fakultas farmasi hingga saat ini masih sehat dan menikmati semua proses nya dengan bahagia dan suka cita yang penuh berbagai rasa. Sudah melewati berbagai jenis penyakit yang menyerang dimulai dari demam biasa, malaria, demam berdarah, hingga demam tifoid atau tifus namun masih sanggup bertahan dengan semua tantangan di depan sana. Aku percaya dengan keadaan dimana kita mau bersusah – susah dulu lalu bersenang – senang kemudian itu jauh lebih daripada menyenangkan diri terlebih dahulu baru bersusah – susah kemudian. Kenapa aku mulai bisa mencintai farmasi? Karena aku sudah PDKT dengannya selama 3 tahun dan sekarang aku tahu dimana istimewanya jurusanku, dimana hebatnya jurusanku, dimana bermanfaatnya jurusanku, bahkan kami bisa terjun di berbagai bidang langsung merangkap menjadi dokter, merangkap menjadi perawat, merangkap menjadi formulator, dan masih banyak lagi. Dan dengan memasuki jurusan ini aku bisa membuktikan kepada mereka yang dulu tidak mempercayai kemampuanku untuk memasuki jurusan ini sekarang mereka bisa melihat sendiri aku mampu, aku bisa bahkan memiliki sebagian peran dalam bidangku seperti menjadi asisten di laboratorium farmaseutik, menjadi salah satu anggota dewan perwakilan mahasiswa , dan masih mau mencoba hal lainnya. Kuncinya ketika ingin melakukan sesuatu adalah niatmu untuk belajar bukan untuk hal yang lain, niatmu untuk menjadi hamba Allah yang berilmu, dan niatmu untuk menunjukkan bahwa takdir itu bisa dirubah asal bersungguh – sungguh karena mencari rido-Nya.
 
design by Exotic Mommie Illustraion By DaPina